Pelatihan Manajemen Referensi dengan Aplikasi Zotero dan Mendeley bagi Dosen Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Ponorogo

Ponorogo (Selasa/17/12/2019). Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Ponorogo mengadakan Pelatihan Manajemen Referensi dengan Aplikasi Zotero dan Mendeley bagi Dosen Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Ponorogo yang bertempat di Aula Gedung A lantai 1 yang dilaksanakan pada hari Selasa, 17 Desember 2019 yang dimulai pada pukul 08.00 – 12.00.

Kegiatan ini tentu didukung penuh oleh Dekan beserta Wakil Dekan guna mendorong peningkatan publikasi dosen khususnya di lingkungan fakultas. Dalam sambutannya, Dr. H. Ahmad Munir, M.Ag. selaku Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah menyampaikan bahwa saat ini harus mengikuti perkembangan teknologi khususnya yang berkaitan dengan dunia akademik agar ilmu yang dimiliki oleh para dosen dapat dipublikasikan dan tidak ketinggalan jaman. Pada kesempatan yang sama, Dr. Muh. Tasrif, M.Ag. selaku Wakil Dekan 1 FUAD menyatakan bahwa pihak fakultas akan lebih meningkatkan kegiatan serupa agar menambah keterampilan dosen dalam menulis karya ilmiah.

Dalam kegiatan pelatihan ini, Alwan Wibawanto selaku Kepala Perpustakaan IAIN Ponorogo dan Khoirul Fathoni selaku Tim IT Rumah Jurnal IAIN Ponorogo didapuk sebagai narasumber yang menjelaskan tren publikasi ilmiah, sumber referensi online serta cara menggunakan aplikasi Zotero dan Mendeley kepada para dosen selaku peserta pelatihan manajemen referensi. Para peserta pelatihan ini sangat antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan dari awal sampai akhir dengan cukup banyaknya pertanyaan di akhir kegiatan. Hal tersebut tentu merupakan awal yang baik untuk upaya peningkatan publikasi bagi para dosen IAIN Ponorogo, khususnya di lingkungan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah.