Kamis, 28 Juli 2022. Prodi Sejarah Peradaban Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Ponorogo mengadakan Seminar Lokakarya Penyusunan Dokumen Kurikulum Prodi Sejarah Peradaban Islam dan Peluang Pengguna Lulusan di Hotel Maesa Ponorogo. Kegiatan ini mengundang beberapa tokoh sejarawan yang terdiri dari Pengkaji Sejarah Lembaga Seni Budaya NU Ponorogo, Ketua MGMP-Sejarah Ponorogo, Sejarawan Kompas Madya, Ketua MGMP-SKI Ponorogo, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Daerah Ponorogo, Sejarawan Islam Ponorogo, serta pegawai Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Ponorogo.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah Dr. Sutrisna, M.Pd., yang merupakan Kaprodi Sejarah Peradaban Islam (SPI), Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora (FUADAH), Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Dalam materinya, beliau  menjelaskan tentang bagaimana menyusun visi misi jurusan Sejarah Peradaban Islam (SPI) yang sesuai dengan visi misi fakultas dan institut. Selain itu, beliau juga menjelaskan tentang kurikulum, akreditasi, dan mata kuliah yang sesuai di jurusan Sejarah Peradaban Islam (SPI).

Tujuan dari kegiatan Seminar Lokakarya ini adalah untuk memantapkan kurikulum yang akuntable, kredibel, transparan, dan bertanggungjawab. Dengan demikian para alumni dari Prodi Sejarah Sejarah Peradaban Islam (SPI) mampu menyesuaikan diri berdasarkan perkembangan dan  kebutuhan pasar (market) yakni para pengguna lulusan. Khususnya di era modern ini, diharapkan Prodi Sejarah Peradaban Islam (SPI) mampu berinteraksi dengan teknologi. Sehingga, lulusan tidak hanya sekedar menjadi sejarawan tetapi juga dapat mengusai dunia enterpreneurship yang kompeten di bidang industri yang akan datang.

 

Kategori: BERITA