Rabu 13 Juli 2022, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo melaksanakan kegiatan Lokakarya Penyusunan Renstra dan Renop yang bertempat di Hall Hotel Gajah Mada Ponorogo. Kegiatan Penyusunan Renstra dan Renop FUAD ini dihadiri oleh Rektor IAIN Ponorogo Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag., Wakil Rektor I, Dr. Mukhibat, M.Ag., Ketua LPM, Dr. Mambaul Ngadimah, M.Ag., Dekan FUAD, Dr. H. Ahmad Munir, M.Ag., Wakil Dekan, Kajur, Dosen, Tenaga Kependidikan, Mitra, Stakeholders, Alumni, dan Mahasiswa Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Ponorogo yang berjumlah 50 orang.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor IAIN Ponorogo Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan tentang arti penting dari Renstra dan Renop sebagai sebuah ketetapan agar segera menetapkan sesuatu yang sudah ditetapkan sesuai dengan ketetapan. Ia juga mencanangkan agar pada tahun 2024/ 2025 agar IAIN berubah status menjadi UIN. Selain itu, beliau berharap agar memberikan layanan yang terbaik untuk masyarakat berupa pendidikan serta memberikan loyalitas kepada lembaga agar membantu mengembangkan tanpa melihat imbalan yang didapat. Lebih lanjut ia mengarahkan kepada para peserta agar mengikuti kegiatan ini hingga selesai supaya mendapatkan ilmu yang bermanfaat demi kemajuan bangsa Indonesia.

 

Selanjutnya, acara inti Lokakarya Penyusunan Renstra dan Renop yang diisi oleh narasumber Bapak Rosihan Aslihuddin, M.A.B. yang akrab disapa Cak-Ro. Beliau adalah President Direktur Best Q Institute. Pada kesempatan ini Bapak Rosihan Aslihuddin, M.A.B. menyampaikan materi tentang arti visi, misi dan tujuan. Visi adalah terwujudnya sesuatu keinginan sesuai dengan yang diharapkan (dicita-citakan). Sedangkan misi merupakan upaya atau langkah yang dilakukan untuk mendapatkan visi. Sementara itu tujuan ialah hasil yang dicapai atau yang didapatkan (yang diperoleh) dari upaya/ langkah yang dilakukan. Selanjutnya ia menjelaskan bagaimana menyusun Renstra dan Renop yang ideal. Setidaknya kita harus mengetahui empat hal dalam membuat visi, misi, dan tujuan. Diantaranya adalah kita harus mengetahui strategi, mengetahui kelemahan, mengetahui kekuatan, dan mengetahui ancaman.

Adapun tujuan dari kegiatan Penyusunan Renstra dan Renop ini diantaranya adalah untuk membuat visi, misi, dan tujuan yang ideal bagi Fakultas dan masing-masing prodi yang ada; Sebagai langkah untuk mempersiapkan segala sesuatu terkait administrasi dalam akreditasi agar mendapatkan nilai yang terbaik (unggul) A; Untuk mendapatkan outcome dan output yang konkret bagi prodi, fakultas, dan institut sesuai dengan harapan yang sudah ditetapkan dalam ketetapan. Semoga FUAD semakin Maju dan Bermutu.

 

Categories: BERITA