DEMI PENINGKATAN MUTU, LAKUKAN ANALISIS SWOT

Bertempat di ruang rapat Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah IAIN Ponorogo, jajaran Dekanat, Gugus Mutu, Jurusan, dan Kabag TU lakukan focus group discussion (FGD) untuk menyusun analisis SWOT, sasaran mutu, dan analisis risiko (28/9/2021). Hadir dalam kegiatan tersebut Dekan, Wakil Dekan 1, 2, 3, Ketua Jurusan IAT, Ketua Jurusan KPI, Ketua Jurusan BPI, dan Kepala Bagian Tata Usaha Fakultas. Kegiatan ini merupakan kegiatan peningkatan mutu dalam siklus penjaminan mutu.

Kegiatan ini dimulai dengan pemaparan dokumen analisis SWOT, sasaran mutu, dan analisis risiko Semester Genap 2020/2021 yang disusun oleh Gugus Mutu Fakultas, Mayrina Eka Prasetyo Budi, M.Psi. Kegiatan dilanjutkan dengan penyempurnaan dokumen dengan diskusi terfokus. Beberapa upaya peningkatan muncul dalam diskusi tersebut. Pencapaian dosen dengan kualifikasi doktor dan jabatan fungsional lektor kepala dan guru besar akan dilakukan. Jumlah mahasiswa lulus tepat waktu ditingkatkan menjadi lebih 70%. Kegiatan peningkatan publikasi ilmiah melalui penelitian kolaboratif dosen-mahasiswa dicapai melalui penerbitan jurnal di Rumah Jurnal Fakultas. Itulah peningkatan penting di antara hal-hal lain yang juga dilakukan peningkatannya.

Dalam kesempatan itu, Dekan menekankan pentingnya kesadaran mutu dan upaya untuk peningkatannya secara terus-menerus. “Melalui kegiatan ini, pemetaan capaian kinerja yang sudah dilakukan dapat tergambar jelas. Di samping itu, hal-hal yang belum tercapai juga teridentifikasi. Dengan berpijak pada data tersebut, kita harus berkomitmen untuk terus bekerja secara konsisten agar capaian kinerja Fakultas dapat terus meningkat,” tegas Dekan saat memberikan sambutan pembukaan. Selain itu, Gugus Mutu Fakultas siap bekerja sama dengan seluruh komponen Fakultas dalam rangka mengawal penjaminan mutu. “Analisis yang saya lakukan berdasarkan data dan pengamatan saya atas kinerja Fakultas dan Jurusan. Untuk itulah, dalam kegiatan ini, saya meminta masukan data dan koreksi terhadap rancangan dokumen yang saya akan paparkan dalam kegiatan ini,” begitu tegas Gugus Mutu saat memulai paparannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *