DENGAN ANTUSIASME TINGGI, FUAD ADAKAN FOCUS GROUP DISCUSSION UNTUK MENYAMBUT PRODI BARU SEJARAH PERADABAN ISLAM

Senin/6 Desember 2021 FUAD mengadakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dan Sosialisasi Prodi SPI dengan tema “Pendekatan Baru dalam Sejarah Islam pada Era Digital 4.0”. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Maesa dengan mengundang sejarawan dan guru sejarah SMA/MA wilayah Karesidenan Madiun. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Dekan FUAD Dr. H. Ahmad Munir, M.Ag. Dalam sambutannya, Dekan menyampaikan bahwa FUAD akan membuka prodi baru yaitu SPI (Sejarah Peradaban Islam). Kegiatan ini sebagai forum sharing dan masukan dari stakeholder baik guru sejarah dan sejarawan dimana dari FGD ini diharapkan dapat meningkatkan mutu dari prodi SPI dan juga mengangkat visi misi instansi yaitu masalah penelitian sebagai isu akademik.

Kegiatan selanjutnya adalah diskusi panel yang dipimpin langsung oleh bapak Wakil Dekan 2 yaitu Dr. M. Irfan Riyadi, M.Ag. dimana beliau menjelaskan profil dan overview dari prodi SPI di FUAD. Materi yang disosialisasikan dimulai dari background, visi misi, profil lulusan, dan struktur kurikulum. Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan oleh narasumber yaitu bapak Dr. Munawar Holil, S.S., M.Hum. Dosen Prodi Sastra Daerah untuk Sastra Jawa, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia sekaligus Ketua Umum Masyarakat  Pernaskahan Nusantara  (MANASSA) dengan moderator bapak Dr. Ahmad Choirul Rofiq, M.A., dosen FUAD.

Melalui Zoom, Dr. Munawar Holil menyampaikan tentang proses perkembangan sejarah beserta keilmuannya di nusantara dan juga menjelaskan tentang perkembangan sejarah khususnya tentang manuskrip naskah sejarah yang sudah didigitalisasi. Beliau membagikan website yang dapat membantu dalam belajar sejarah, antara lain khastara.perpusnas.go.id; eap.bi.uk dan Dreamsea.co yang berisi proyek digitalisasi naskah di Indonesia dan Asia Tenggara. Beliau menyampaikan juga bahwa di era 4.0, dunia membutuhkan proses digitalisasi naskah sejarah agar sejarah bisa dipelajari kapanpun dan dimanapun dan oleh siapapun. Dalam belajar sejarah tidak perlu berkunjung langsung ke tempatnya, cukup dengan klik link bisa langsung belajar tentang sejarah tersebut.

Kegiatan ditutup dengan close statement dari narasumber bahwa semoga dengan dibukanya prodi SPI di FUAD IAIN Ponorogo bisa menjadi wadah untuk mempelajari sejarah dan bisa menjadi prodi terbaik di Jawa Timur. Semoga dengan datangnya jurusan Sejarah Peradaban Islam bisa menjadikan FUAD lebih MAJU dan BERMUTU. Admin/RA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *