KUNJUNGAN ILMIAH LPPQ FUAD IAIN PONOROGO KE LSQ AR RAHMAH YOGYAKARTA

Dalam rangka eksistensi dan pengembangan program Lembaga Pendidikan dan Pengkajian  Al-Qur’an  (LPPQ) Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Ponorogo pada tanggal 12 November 2021  mengadakan kunjungan ilmiah (studi Banding) ke Lingkar Studi Qur’an Ar Rahmah Yogyakarta yang beralamat di Jl. Imogiri KM. 8 Botokenceng RT 4 Wirokerten Banguntapan Bantul Yogyakarta.  Kunjungan tersebut di ikuti oleh Dekanat FUAD Dr. H. Ahmad Munir, M. Ag, Wakil Dekan 1 bidang Akademik dan Kelembagaan Dr. Muh. Tasrif, M. Ag,  Wakil Dekan 2 bidang keuangan dan administrasi umum Dr. M. Irfan Riyadi, M, Ketua Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir Irma Rumtianing Uswatul Hanifah, MSI serta Ketua LPPQ FUAD IAIN Ponorogo M. Rozy Indrafudin, M. Fil.I. Dalam kunjungan tersebut team dari LPPQ FUAD IAIN Ponorogo diterima dengan sangat baik oleh pengasuh LSQ Prof. Dr. KH. Abdul Mustaqim, M. Ag dan Ibu Nyai Hj. Jujuk Natijah, M. Psi serta Lurah Pondok LSQ Ar Rahmah Ilham Faizin.

Dalam kunjungan tersebut dihasilkan banyak kegiatan yang inspiratif untuk mengembangkan LPPQ FUAD IAIN Ponorogo menjadi sebuah lembaga yang konsen dibidang Tafsir Al Quran.  Kegiatan tesebut diantaranya adalah Tahfidz dan Tahsin Al-Qur’an, Kajian kitab klasik dan modern, Riset Ilmiah, Pengembangan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, Mujahadah, Seni Hadrah dan Pengabdian Masyarakat.

Dalam kegiatan tahfidz dan tahsin Al-Qur’an, para santri yang semuanya mahasiswa baik S1 maupun S2 diberikan kebebasan untuk memilih menghafal Al-Qur’an atau mengikuti tahsin (membenarkan bacaan Al-Qur’an sesuai tajwid). Adapun dalam kajian kitab klasik dan modern, para santri diajak untuk membaca dan memahami kitab-kitab diantaranya kitab Nashoihul ‘Ibad karya Imam Nawawi, kitab Bulughul Maram karya Ibnu Hajar Al Asqalani, kitab Al Halal wa Al Haram karya Yusuf Qardlowi, Kitab Manahilul Irfan karya Azzarqony, Kitab Al Hawi (Qawaid Al lughah Al Arabiyah/pusat pengembangan Bahasa UIN Sunan Kalijaga), kitab Al Adzkar karya Imam An Nawawi, kitab Ta’lim Muta’alim karya Az Zarnuji, dan lain-lain yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Sementara untuk riset ilmiah kegitan yang dilakukan adalah klinik proposal yang dilakukan 2 kali dalam seminggu yaitu pada malam Rabo dan malam sabtu). Dalam klinik proposal mahasiswa dibimbing mulai menentukan judul skripsi sampai menyusun proposal yang baik sesuai pedoman penulisan karya ilmiah.

Hal yang tak kalah menarik di LSQ Ar Rahmah Yogyakarta ini adalah program pengembangan bahasan Arab dan Bahasa Inggris yang tentu saja sangat berguna untuk menambah referensi tugas akhir mahasiswa yang berupa buku-buku yang berbahasa Arab dan Inggris, disamping ketrampilan bercakap-cakap dengan menggunakan kedua bahasa tersebut.

Sedangkan kegiatan mujahadah biasanya dilakukan setiap malam Jum’at diawali dengan pembacaan tahlil untuk mendoakan nenek moyang leluhur, dilanjutkan diba’aan dan ditutup dengan seni hadrah. Dalam kegiatan ini para santri yang notabenenya semua adalah mahasiswa diajak untuk rekreasi religi dan menumpahkan segala beban rutinitas untuk relaksasi. Mereka merasa senang dan bahagia saat bernyanyi Islami dan menabuh rebana . Kegiatan ini merupakan salah satu hiburan para santri untuk melepaskan kepenatan dan mendapatkan kebahagiaan. Bahagia itu sederhana, tidak harus mewah pergi ke tempat rekreasi misalnya. Bisa menabuh rebana dan bershalawat dengan suara keras juga dapat menjadi alternatif yang bisa dilakukan.

Adapun pengabdian masyarakat bentuk kegiatanya adalah pengiriman imam, khatib, dan penceramah ke masjid-masjid di sekitar pondok dan bakti sosial pada event-event tertentu.

Dari paparan diatas bisa disimpulkan bahwa kegiatan yang ada di LSQ Ar Rahmah sangat membatu Prodi/Jurusan dimana mahasiswa sedang menuntut ilmu, karena kegiatan-kegiatan yang dilakukan mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu, pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Semoga bermanfaat untuk pengembangan LPPQ FUAD IAIN Ponorogo….

 

#FUADKU MAJU….FUADKU BERMUTU#

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *