Lakukan Rapat Evaluasi untuk Kendalikan Mutu Pembelajaran

Dihadiri 40 dosen tetap dan tidak tetap, FUAD lakukan rapat monitoring dan evaluasi pembelajaran Semester Gasal 2021/2022 (1/10/2021). Kegiatan ini dilakukan bersamaan dengan koordinasi pelaksanaan ujian tengah semester (UTS) yang akan diselenggarakan pada 4-8 Oktober 2021. Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. Muh. Tasrif, M.Ag., bertujuan untuk mengevaluasi proses pelaksanaan pembelajaran yang sudah berjalan. “Kegiatan ini berupaya memotret proses pelaksanaan dan mengevaluasi kesesuaian proses tersebut dengan standar nasional pendidikan tinggi (SN-Dikti). Dengan kegiatan ini, kendala-kendala yang terjadi dapat diidentifikasi untuk dicarikan solusinya agar tidak mengganggu capaian pembelajaran,” tegas Wadek dalam sambutannya.

Acara yang dipandu oleh koordinator Gugus Mutu Fakultas, Mayrina Eka Prasetyo Budi, M.Psi., dimulai dengan review ulang standar nasional perguruan tinggi (SN-Dikti) tentang pembelajaran. Standar tersebut sekaligus dipadukan dengan rincian yang tersebut dalam Matriks Penilaian Laporan Evaluasi Diri dan Laporan Kinerja Program Studi (Lampiran 6a PerBAN-PT  No 5 Tahun 2019 tentang IAPS). Di dalam PerBAN ini, terdapat enam (6) elemen standar, yaitu karakteristik proses pembelajaran, rencana proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, monitoring dan evaluasi proses pembelajaran, penilaian pembelajaran, integrasi kegiatan penelitian  dan pkm dalam pembelajaran. Kegiatan review dilanjutkan dengan pengisian secara bersama formulir monitoring dan evaluasi pembelajaran melalui Google Form. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dan dialog tentang best practices dalam pelaksanaan pembelajaran.

Diskusi dan dialog berlangsung secara produktif-konstruktif. Di antaranya adalah cara pemantauan mahasiswa saat kuliah daring berlangsung. Dari pengalaman para dosen, penggunaan beberapa aplikasi secara simultan dengan menggunakan beberapa perangkat memungkinkan terjadinya pemantauan dan komunikasi pembelajaran secara lebih interaktif. Pemilihan aplikasi vidio conference juga menjadi variabel yang menentukan kemudahan dalam komunikasi. Kegiatan ditutup dengan harapan dari Wadek 1 agar semua dosen berkomitmen untuk mempertahankan capaian kinerja yang sudah sangat baik dan baik pada Semester Genap 2020/2021. Selain itu, para dosen juga diminta untuk menyajikan bukti sahih tentang proses pembelajaran dengan menyusun portofolio mata kuliah yang diampu (tsrf).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *