MENYAMBUT PERKULIAHAN TATAP MUKA, FUAD ADAKAN FORUM DISKUSI DOSEN

Rabu/ 19 Januari 2022, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah adakan rapat dosen untuk persiapan perkuliahan semester genap TA 2021/2022 secara daring dan luring. Luring dilaksanakan di Aula FUAD dan Daring dilaksanakan melalui Zoom. Kegiatan rapat ini dibuka oleh Kabag TU Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Ibu Umi Maghfirotul Masyfa, S.Ag., M.Si., dalam sambutanya beliau menyampaikan bahwa proses Heregistrasi dan KRS mahasiswa berjalan lancar. Beliau meminta bantuan dosen untuk mengingatkan mahasiswa agar tidak terlambat dalam proses KRS. Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan pengarahan dari Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Bapak Dr. Ahmad Munir, M.Ag. Beliau menyampaikan bahwa perkuliahan semester depan akan dilaksanakan secara Blended Learning.

 

Sambutan selanjutnya dari Wakil Dekan Bidang Akademik,dan Kelembagaan bapak Dr. Muh. Tasrif, M.Ag. bahwa teknis perkuliahan di semester genap tahun akademik 2021/2022 akan dilaksanakan mulai tanggal 7 Februari 2022 secara blended learning dimana 7 pertemuan dilaksanakan secara luring dan 7 pertemuan diadakan secara daring. Perkuliahan luring dilaksanakan sesuai jadwal yang sudah ditentukan oleh fakultas dimana hanya 50% dari mahasiswa di setiap harinya, sedangkan perkuliahan secara daring dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi e-learning yang telah difasilitasi oleh kampus. Pemaksimalan fungsi Dosen Pembimbing Akademik (DPA) juga akan dilakukan di semester genap dimana selain memberi pendampingan dan motivasi kepada mahasiswa, DPA juga menjadi fasilitator dalam mensukseksan penilaian Kompetensi Dasar Keislaman meliputi  Uji Baca Al Quran, Ibadah Mahdhoh, Doa Harian, Zikir, dan Hafalan Surat-Surat Pendek sebagai syarat Ujian Seminar Proposal. Selain itu, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah telah memiliki jurnal mahasiswa yang diberi nama JUSMA (Jurnal Studi Islam dan Masyarakat) yang akan launching bulan Februari tahun ini. Selanjutnya sambutan dari Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan bapak Dr. Iswahyudi, M.Ag menyampaikan bahwa Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah akan launching FUAD Cyber Center sebagai wadah media informasi untuk mahasiswa, dosen, dan masyarakat. Kemudian acara ditutup dengan Doa oleh Ketua Jurusan BPI bapak M. Nurdin, M.Ag.

Dari acara rapat dan diskusi pada hari ini diharapkan bahwa perkuliahan semester genap yang mana akan dilaksanakan secara tatap muka bisa berjalan lancar dan dengan adanya FUAD Cyber Center dan Jurnal Mahasiswa JUSMA dapat meningkatkan FUAD menjadi semakin Maju dan Bermutu. (ra)