MUNAS V FKMTHI

 Musyawarah Nasional (MUNAS) V Forum Komunikasi Mahasiswa Tafsir Hadits Indonesia (FKMTHI) & Simposium Tafsir-Hadis Indonesia yang dilaksanakan pada Selasa-Jum’at tanggal 22-25 Juni 2021 dengan tema “Integrasi Al-Quran dan Hadis dalam Merekonstruksi Nasionalisme dan Ideologi Pancasila” adalah agenda rutin FKMTHI yang dilaksanakan setiap 2 tahun sekali dan merupakan kegiatan terbesar FKMTHI. Kegiatan ini dihadiri oleh delegasi dari Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir dan Ilmu Hadis seluruh Indonesia, pengurus wilayah FKMTHI, pengurus pusat FKMTHI, dan alumni FKMTHI.

Kegiatan pada hari pertama Munas (Selasa, 22 Juni 2021) adalah penjemputan delegasi oleh panitia munas FKMTHI. Peserta kegiatan dijemput di empat titik, yakni di Stasiun Serang, Bandara Soekarno-Hatta, Pelabuhan Merak, dan Terminal Pakupatan. Para peserta kemudian diantar menuju tempat penginapan selama kegiatan, yakni di Masjid Raya Al-Bantani. Kemudian pada malam harinya dilaksanan kegiatan pra-acara yakni ramah-tamah atau sarasehan dengan para alumni FKMTHI. Acara ini berlangsung di aula Masjid Raya Al-Bantani.

Pada hari kedua dilaksanakan pembukaan Musyawarah Nasional ke-V FKMTHI sekaligus acara pertama yakni Simposium Tafsir Hadis, yang bertempat di Aula UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten di Gedung Syadzili Hasan lantai 2. Pada pagi hari seluruh peserta diantar dengan bus menuju lokasi. Kemudian acara dibuka oleh pendiri Pusat Kajian Hadis sekaligus salah satu pembina FKMTHI yakni Dr. Ahmad Lutfi Fathullah, M.A. Kemudian pada siang hari dilanjutkan acara kedua, yakni Halaqah Kebangsaan yang diisi oleh Perwakilan dari DPR RI dan Perwakilan dari Kapolda Banten. Kemudian acara ditutup oleh pengenalan budaya dari Banten, yakni pertunjukan seni Debus. Pada malam harinya dilanjutkan Halaqah Kebangsaan sesi kedua yang diisi oleh Sekretaris Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Banten, Dr. K.H. Amas Tadjuddin, S.Ag., M.M.

Pada hari ketiga dilaksanakan acara selanjutnya, yakni sidang Musyawarah Nasional ke-V FKMTHI. Dalam sidang ini membahas dan merumuskan AD/ART, GBHK, dan GBHO selama satu periode kedepan. Selanjutnya pada sore hari dilaksanakan agenda Laporan Pertanggungjawaban dari pengurus pusat FKMTHI periode 2018-2021. Karena banyak kesalahan dan kekurangan dalam draft LPJ, maka LPJ diterima dengan syarat, yakni; perbaikan draft dan diserahkan paling lambat satu  bulan setelah MUNAS yakni Ketika RAKERNAS.

Pada hari keempat dilaksanakannya acara debat kandidat dan dilanjutkan kongres atau pemilu (pemilihan umum) ketua FKMTHI pusat masa bakti 2021-2023 sekaligus penetapan ketua umum FKMTHI terpilih. Menginjak acara diwaktu sore hari, yakni penutupan acara MUNAS ke-V FKMTHI, yang dihadiri oleh wali kota serang atau yang mewakili. Diwaktu malam hari, seluruh peserta dan panitia mengadakan kegiatan paska acara yakni wisata religi kemakam Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *