Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah dengan Kemenag Ponorogo dan SMKN 2 Ponorogo

 

Kamis, 6 Mei 2021 Wadek Kemahasiswaan Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) IAIN Ponorogo Bapak Dr. Iswahyudi, M.Ag beserta jajarannya bertandang ke Kantor Kementerian Agama Ponorogo dan SMKN 2 Ponorogo dengan agenda penandatanganan nota kesepahaman dengan kedua instansi tersebut. Ruang lingkup kerjasama kedua pihak diantaranya terkait dengan kolaborasi dalam kegiatan akademis pengajaran/pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Penandatangan Nota Kesepahaman Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah dengan Kemenag Ponorogo

Pihak FUAD IAIN Ponorogo diterima dengan baik oleh Bapak Syaikhul Hadi, M.Fil.I selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Ponorogo. Pada agenda penandatanganan ini disampaikan pula oleh Bapak Syaikhul Hadi bahwa dakwah yang mengedepankan Islam Wasathiyah menjadi agenda bersama dan besar harapan beliau isu ini ditindaklanjuti bersama. Bentuk komitmen Kemenag Ponorogo dalam menjalankan Dakwah Islam Wasathiyah yaitu selama Ramadan setiap dua hari sekali para penyuluh agama dipantau secara virtual untuk menyampaikan laporan kegiatan dakwahnya.

Perjalanan anjang sana tim FUAD IAIN Ponorogo selanjutnya adalah ke SMKN 2 Ponorogo. Agenda penandatangan nota kesepahaman sekaligus dilanjutkan evaluasi Pesantren Ramadan yang telah dilaksanakan pada pekan sebelumnya. Kerjasama penyelenggaraan Pesantren Ramadan 1442 H SMKN 2 Ponorogo diinsiasi oleh Guru Pendidikan Agama Islam SMKN 2 Ponorogo dengan Lembaga Pendidikan dan Pengkajian Al-Qur’an (LPPQ) yang dipimpin oleh Bapak Rozi Indrafuddin, M.Fil.I dibawah koordinasi Prodi Ilmu Al Qur’an dan Tafsir (IAT) dengan Kepala Prodi Ibu Irma Rumtianing U.H., S.Ag., M.S.I.

Tim FUAD disambut oleh Waka Kesiswaan SMKN 2 Ponorogo Bapak Shaiful Abidin, S.Pd., M.Pd. dan Guru Pendidikan Agama Islam Atin Hasanah, M.Pd.I. Dalam perbincangan, Bapak Waka Kesiswaan menyampaikan langkah diadakannya Pesantren Ramadan 2021 ini sebagai uji coba pembelajaran tatap muka sekaligus memberikan pembekalan kepada siswa sehingga kecerdasan spiritual terasah.

Selanjutnya, acara evaluasi pelaksanaan Pesantren Ramadan SMKN 2 Ponorogo dilaksanakan di aula.  Evaluasi dihadiri oleh Waka Kesiswaan, Guru Pendidikan Agama Islam, mahasiswa IAT dan tim FUAD IAIN Ponorogo. Pada kesempatan ini Bapak Iswahyudi mewakili Dekan FUAD menyampaikan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada mahasiswa IAT sehingga mendapatkan pengalaman dakwah di lingkungan sekolah. Bapak Waka Kesiswaan juga menyampaikan dengan hadirnya teman – teman mahasiswa membawa semangat siswa dan suasana menjadi hangat dibimbing oleh teman sebaya. Perwakilan mahasiswa IAT menyampaikan bahwa pengalaman Pesantren Ramadan di SMKN 2 Ponorogo merupakan pengalaman bermakna bersama adik – adik SMK dalam melakukan dakwah dilingkungan sekolah.

Kerjasama Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah IAIN Ponorogo senantiasa berusaha untuk ditingkatkan. Persoalan keberagamaan di Indonesia membutuhkan langkah nyata dari berbagai pemangku kepentingan untuk mewujudkan moderasi beragama. WA/Adm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *