PENGARAHAN PERCEPATAN PENYELESAIAN STUDI FAKULTAS USHULUDDIN, ADAB DAN DAKWAH IAIN PONOROGO

Kamis dan Jumat/ 13 – 14 Januari 2022, sebanyak 131 mahasiswa Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah angkatan 2015, 2016, dan 2017 mengikuti pengarahan percepatan penyelesain studi secara daring dan luring. Luring dilaksanakan di Aula FUAD dan daring dilaksanakan melalui Zoom Meeting. Dari total jumlah mahasiswa tersebut, 48 mahasiswa berasal dari Jurusan Ilmu Al Quran dan Tafsir (IAT), 52 mahasiswa dari Jurusan Komunikasi dann Penyiaran Islam (KPI), dan 31 mahasiswa dari Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI).

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari program Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah untuk mendorong penyelesaian studi mahasiswa. Adapun kegiatan ini dilanjutkan dengan pengarahan dan motivasi kepada mahasiswa agar terdorong untuk segera menyelesaikan studi dengan batas maksimal 14 semester. Dengan demikian, mahasiswa dapat menyelesaikan studi dengan tepat waktu.

Kegiatan pengarahan percepatan penyelesaian studi ini dihelat selama dua hari berisi penjelasan tentang aspek prosedur dan motivasi. Aspek prosedur dan motivasi disampaikan oleh para Ketua Jurusan yaitu Irma Rumtianing Uswatul Hanifah, M. S. I. (Jurusan IAT), Kayyis Fithri Ajhuri, M. A. (Jurusan KPI), dan Muhammad Nurdin, M. Ag. (Jurusan BPI).

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Dr. H. Ahmad Munir, M. Ag. memotivasi mahasiswa untuk dapat menyelesaikan studi dengan tepat waktu. Penyelesaian studi dengan tepat waktu akan menggembirakan semua pihak, baik mahasiswa, dosen, maupun orang tua/wali. Bagi mahasiswa, menyelesaikan studi dengan tepat waktu merupakan sebuah prestasi yang baik. Bagi dosen, penyelesaian studi dengan tepat waktu  berarti transfer  ilmu dan kompetensi yang dilakukan telah sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Bagi orang tua/wali, penyelesaian studi dengan tepat waktu berarti mengurangi beban biaya pendidikan sehingga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan lain yang lebih produktif.

Dr. Muh. Tasrif, M. Ag. selaku Wakil Dekan Bidang Akademik mengharapkan kegiatan ini dapat mendorong mahasiswa menyelesaikan studi. “Kita dorong betul mahasiswa untuk menyelesaikan studi agar nanti rata-rata mahasiswa bisa menyelesaikan studi hanya 3 sampai dengan 3, 5 tahun” tuturnya saat menyampaikan paparan.(DRV)