IDENTITAS JURUSAN

Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah adalah perubahan dari jurusan Ushuluddin yang berubah sejak tahun 2016 bersamaan dengan transformasi STAIN Ponorogo menjadi IAIN Ponorogo. Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) memiliki tiga jurusan yaitu Ilmu Al-Qur”an dan Tafsir (IAT), Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), dan Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI).

Sebagai fakultas baru di IAIN Ponorogo, FUAD telah mengalami perkembangan yang cukup pesat, baik dari aspek penguatan kelembagaan, penguatan keilmuan, maupun penguatan pelayanan akademik kepada mahasiswa. Hal ini dapat dilihat dari kurikulum penyusunannya yang telah disesuaikan dengan peraturan yang berlaku, yaitu Standard Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), dan integrasi keilmuan keislaman dan umum. Bukti lain adalah tingginya potensi alumni untuk diserap pada dunia kerja, khususnya lembaga pendidikan, penyiaran, penyuluhan baik negeri maupun swasta.

Dalam perkembangan keilmuan, FUAD telah dilengkapi sarana prasarana penunjang berupa laboratorium IAT, laboratorium KPI, laboratorium BPI, Rumah Jurnal, dan Lembaga Pendidikan dan Pengkajian Al Quran (LP2Q).