RESPON MERDEKA BELAJAR-KAMPUS MERDEKA (MBKM), FUAD IAIN PONOROGO STUDI BANDING KE UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA

FUAD IAIN Ponorogo melaksanakan Studi Banding ke UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada Senin, 25 Oktober 2021. Agenda Studi banding ini sebagai upaya untuk menjalin kerjasama dan berbagi pengalaman tentang merespon kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MB-KM). Rombongan FUAD IAIN Ponorogo dibagi menjadi dua, yaitu melaksanakan studi banding ke Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Jakarta (Kampus 1) dan ke Fakultas Adab dan Humaniora UIN Jakarta (Kampus 3). Pembagian dua kelompok ini untuk mengakomodir kerjasama jurusan-jurusan yang ada di FUAD.

   

Agenda Studi Banding ke Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Jakarta ini disambut oleh segenap jajaran Dekan Dakwah dan Komunikasi, Suparto, M.Ed. Ph.D dan beserta jajarannya baik dari Wakil Dekan, Kaprodi, hingga Tenaga Kependidikan. Agenda acara ini yaitu sesi tanya jawab dan pemaparan dari Dekan, Wakil Dekan hingga kaprodi mengenai Merdeka Belajar-Kampus Merdeka yang masih tahap digodok di tingkat Universitas dan proses mengimplementsaikan, bagaimana pembagian 20 SKS di luar kampus dan menyisir equavalensi SKS di luar kampus dan menjalin jejaring kerja sama dengan  pihak lain dan sharing mengenai pengelolaan fakultas dan prodi baik dari segi aplikasi dan laboratorium.

 

Moh Irfan Riyadi, M.Ag. Wakil Dekan 2 FUAD dan selaku ketua rombongan studi banding ke Fakultas Adab dan Humaniora menjelaskan tujuan studi banding ini untuk persiapan pembukaan jurusan baru di FUAD yaitu Sejarah Peradaban Islam (SPI). Oleh karenanya perlu untuk belajar dari dari Fakultas Adab dan Humaniora sebagai kiblat dalam bidang sejarah. Saiful Umam, Ph.D. selaku Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, menyambut baik kedatangan rombongan dari FUAD IAIN Ponorogo, dan berterimakasih atas kunjungannya dan memberi ruang sesi tanya jawab mengenai beberapa hal, seperti Penyusunan kurikulum MB-KM, penerapan SKPI, mengenai mahasiswa asing, keunggulan prodi Sejarah dan Peradaban Islam, praktikum/ magang SPI, dan acara diakhiri dengan penandatanganan MoA (Memorandum of Agreement) antara FUAD IAIN Ponorogo dengan Fakultas Adab dan Humaniora.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *