Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam FUAD IAIN Ponorogo melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan program utama berupa optimalisasi sistem informasi Desa Bekare, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo. Pengabdian masyarakat ini merupakan serangkaian kegiatan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) tahun 2022 dalam jenis monodisiplin KPI yang dilaksanakan pada 04 Juli sampai 12 Agustus 2022.

Program utama pengabdian berupa optimalisasi sistem informasi desa Bekare ini, merupakan bentuk implementasi keilmuan mahasiswa KPI di bidang jurnalistik dan broadcasting yang ditransformasikan kepada masyarakat. Optimalisasi sistem desa Bekare ini didukung oleh tiga kegiatan pengabdian, diantaranya ; optimalisasi website dan media sosial desa, pembuatan video profil desa dan pendampingan humas desa Bekare.

Kegiatan optimalisasi website dan media sosial desa Bekare ini merupakan kegiatan pengabdian untuk lebih mengaktifkan lagi website https://bekare.desa.id. Selama pelaksanaan pengabdian mahasiswa berhasil menulis berita yang melalui tahapan hunting berita, proses editing dan posting di website dan Instagram @bekare_update. Kegiatan ini sebagai upaya untuk menghidupkan kembali sistem informasi desa melalui website dan Instagram.

Kegiatan pembuatan video profil desa Bekare ini melalui tahapan pra-proses-pasca produksi yang senantiasa melibatkan berbagai pihak di desa Bekare. Video profil ini diupload di YouTube desa Bekare sebagai upaya untuk mengenalkan potensi desa agar dikenal masyarakat luas.. Video profil ini mendapatkan respon positif dari Kepala Desa Bekare, Siswandi meyampaikan “Saya berterimakasih kepada KPM IAIN Ponorogo yang telah membantu dalam pembuatan video profil desa Bekare. Video profil tersebut semoga bisa menjadi tambahan informasi bagi khalayak umum untuk lebih mengenal desa Bekare”

 

Kegiatan pendampingan humas, merupakan kegiatan untuk mempersiapkan SDM desa Bekare dalam mengelola media informasi. Kegiatan ini berupa workshop pendampingan humas, dengan pemateri Zahrul Asyhary, dosen KPI sekaligus praktisi media.

Program pengabdian ini bertujuan untuk mengoptimalkan desa Bekare, Kecamatan Bungkal, Ponorogo sebagai desa informasi. Pengembangan Bekare sebagai desa informasi ini diharapkan bisa menggunakan teknologi informasi secara inovatif untuk mencapai peningkatan kualitas hidup, efisiensi dan daya saing dalam aspek ekonomi, sosial dan lingkungan dengan tanpa meninggalkan kearifan lokal.

 

Categories: BERITA