Kamis, 8 Juni 2023. Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Ponorogo, tim media social FUAD Cyber Center (FUCER) adakan workshop dengan tema: “Pelatihan Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial”, dengan narasumber Ika Wahyu Trisnawati media social specialist dan Aput Aris Setiawan creator video dan crew Sakti TV sebagain arasumber kedua. Kegiatan ini dilaksakan di Aula Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah dan diikuti mahasiswa/i dari beberapajurusan yang berada di FakultasUs huluddin, Adab, dan Dakwah.
Pembukaan workshop pelatihan strategi pemasaran melalui media sosial diawali dengan sambutan dari wakil dekanIII, Dr. Iswahyudi M. Ag. Beliau menyampaikan terimakasih kepada narasumber dan semua peserta yang hadir, kemudian menyampaikan maksud di adakannya pelatihan strategi pemasaran media sosial yang tak lain agar mahasiswa/i paham akan pentingnya media sosial pada era saat ini.Pastinya banyak sekali pemasaran melalui konten-konten di media sosial dan diharapkan para mahasiswa/i bijak dalam membuat maupun menggunakan konten-konten tersebut.
Masuk pada acara inti dari workshop pelatihan strategi pemasaran melalui sosial media, Ika Wahyu Trisnawati sebagai pemateri pertama menyampaikan, menurutnya sebuah konten pasti takjauh dari 2 hal yakni personal branding dan jualan online. Beliau memberikan penjelasan tentang fungsi media sosial adalah sebuah tugas dengan cara mencari rating setinggi-tingginya maupun menaikkan rating, tujuannya adalah kita sebagai jalan dari konten tersebut dan sebagai incaran sebuah usaha.
Beliau menambah kanpentingnya sebuah konten untuk bermedia social,karena konten adalah senjata untuk bisa menarik konsumen agar mengikuti atau follow akun usaha atau bisnis yang sedang kita bangun. Kemudian fungsi utama dari beriklan bukan hanya untuk mendapatkan sales atau pemasukan. Namun juga untuk memberitahu netizen bahwa akun yang digunakan adalah akun asli bukan hanya sekedar akun palsu. Beliau juga membagikan sebuah tips dalam membuat konten atau membangun media sosial, seperti target market (riset market, market profile personality, demographic, psycographic, pain, benefit), content pillar (informasi barang, edukasi, interaksi, dan promosi), set goalcontent (Audiens baru, Audiens lama), smart goal (target jelas), breakdown ide-ide konten (topic, hook (pancingan), bridging (jembatan ke isi konten), content, CTA (Call to Action).
Materi terakhir disampaikan oleh Aput Aris Setiawan creatorvideo dan crew Sakti TV Madiun, menurutnya konten kreator ada 2 macam yakni personal dan branding. Seseorang yang membuat konten dengan tujuan menghibur biasa disebut konten kreator personal sedang seseorang yang membuat konten dengan tujuan mendapatkan followers, bisnis, atau brand tertentu disebut konten kreator branding. Beliau menambahkan beberapa basic skill yang harus dimiliki seorang konten kreator adalah kreatif, riset yang baik, menjadi copywriting yang baik, sertaskill editing yang mumpuni. Pembagian tips yang diungkapkannya yakni menyatakan jangan terbatas pada alat sebuah konten, bisa memahami semua basic skill pada pembuatan konten, mengikuti perkembangan informasi, membuatkarya positif yang layak dan memberi banyak manfaat, terakhir jangan pernah ragu dalam membagikan sebuah konten serta konsisten dalam membuatnya.
Tujuan diadakannya pelatihan ini adalah para mahasiswa/i khususnya Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah melekakan strategi pemasaran melalui media sosial. Hal ini dibuktikan dengana danya pelatihan (pengaplikasian) membuat konten berupa video yang dilaksanakan pada akhir acara.