Skip to content

LUAR BIASA! MAHASISWA JURUSAN KPI ANGKATAN 2022 ADAKAN SEMINAR PUBLIC RELATIONS

  • by

Sabtu, 25 November 2023. Mahasiswa jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) angkatan 2022 mengadakan acara Seminar Public Relations K”22 yang bertempat di Aula Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Ponorogo. Acara seminar Public Relations ini dihadiri oleh Ketua Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (Kajur KPI), Kayyis Fithri Ajhuri, M.A,, Staf Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (Staf KPI), Dony Rano Virdaus, M.I.Kom., dan Mahasiswa/i jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI). Narasumber dalam acara seminar ini adalah Riri Abdillah dan Anisa Rahma Sahara (Humas IAIN Ponorogo). Acara ini dimoderatori langsung oleh Rijal mahasiswa jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI).

Setelah itu acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh ketua panitia seminar Public Relations KPI”22 Fajar Abimanyu. Ia mengucapkan terimakasih kepada semua panitia yang telah berkontribusi dalam acara tersebut. Ia meminta kepada seluruh para peserta agar semangat dalam menyimak materi yang akan disampaikan oleh para narasumber. Terakhir menyampaikan harapannya agar acara ini dapat berjalan lancar.

Selanjuntanya adalah sambutan kedua disampaikan oleh Dony Rano Virdaus, M.I.Kom. Dalam sambutannya tersebut ia mengucapkan terimakasih kepada tim pelaksana semester tiga yang luar biasa semangatnya. Menurutnya public relations adalah bagaiamana membangun hubungan yang baik antara organisasi, public dan pemangku kepentingan. Lebih lanjut ia menandaskan bahwa seminar ini dapat menjadi sebuah inspirasi dan berlanjut, kemudian dikemas dalam bentuk yang sedemikian rupa sehingga lebih menarik. Ujarnya.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), Kayyis Fithri Ajhuri, M.A. Dalam sambutannya menyampaikan  bahwa Seminar Public Relations ini biasanya dilaksanakan oleh semester 5, tetapi ini kali pertama untuk semester tiga sebagai pelaksananya dan sudah berhasil dengan sangat baik. Disamping tim pelaksana ini mampu menghadirkan pemateri yang handal. Harapannya dengan adanya kegiatan ini semuanya dapat mengambil hikmah dan mengasah skill sehingga terus mengalami peningkatan dimasa yang akan datang. Acara ini diadakan oleh Angkatan KPI”22 bersama dengan komunitas dakwah dan public speaking. Dengan membaca basmallah acara kemudian dinyatakan dibuka oleh Ketua Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (Kajur KPI), Kayyis Fitri Ajhuri, M.A.

Setelah itu dilanjutkan dengan acara inti yaitu Seminar Public Speaking. Narasumber pertama dalam seminar ini yaitu Riri Abdillah. Ia menyampaikan materinya tentang “Mengambil Peran di Masyarakat & Sosial Media”. Dia menceritakan pengalaman pribadinya terkait masa mudanya yakni ingin menikah diusia muda. Kemudian ia menulis sebuah buku berjudul “Menantimu Diujung Rindu”. Kemudian ia menjadi narasumber, motivator dan membuat kelas pra-nikah  online. Menurutnya untuk menjadi orang yang kita inginkan, maka kita harus mencoba menirunya dan konsisten untuk melakukan kegiatan yang mendukungnya. Pertama, mengetahui potensi diri sendiri untuk dikembangkan. Kedua, mampu mengambil kesempatan yang ada sebagai peluang. Ketiga, mengikuti perkembangan media sosial. Keempat, membuat konten yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain agar orang termotivasi untuk berbuat baik. Ujarnya.

Selanjutnya adalah narasumber kedua, Anisa Rahma Sahara menyampaikan materianya tentang “Peran Humas”. Menurutnya peran humas adalah membranding produk apa yang dibutuhkan dan yang ingin dipromosikan. Hal ini dapat dilakukan melalui instagram maupun tik-tok. Sedangkan perbedaan keduanya adalah Instagram lebih bersifat edukatif. Sementara itu tit-tok lebih bersifat hiburan. Cara membranding dan mempromosikan produk agar  disukai oleh banyak orang antara lain. Pertama, membuat konten yang menarik dan tidak monoton. Kedua, konten dapat menghibur dan kualitas videonya bagus. Ketiga, mampu mempertimbangkan dampat positif dan dampak negative dari konten yang dibrandingnya. Keempat, kreatif dalam membuat konten dengan cara mengamati, meniru, dan memodifikasi atau ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi).

Tujuan dari kegiatan seminar public relations ini adalah sebagai berikut. Pertama, membekali mahasiswa agar mampu membangun hubungan yang baik dengan masyarakat (lingkungan sosial), teman-teman sejawat maupun dengan pemangku kepentingan. Hubungan yang baik ini dapat diciptakan melalui komunikasi yang efektif dan efisien. Kedua, mendorong dan memotivasi agar mahasiswa mampu berperan atau berkontribusi yang positif bagi masyarakat dan almamater baik didunia maya maupun didunia nyata.